Berbagai permainan Tradisional Indonesia

Jenis-jenis permainannya nih gan :
Quote:


Tak Benteng



Permainan ini dimainkan oleh dua kelompok anak-anak, tidak dibatasi jumlahnya dan biasanya dimainkan pada malam hari. Dari dua kelompok ini diundi menjadi dua jenis, kelompok pertama mempertahankan benteng, sementara kelompok kedua menyerang benteng. Kelompok yang mempertahakan akan mencari dan mengejar kelompok penyerang sementara kelompok kedua berusaha untuk menghindari tangkapan kelompok yang bertahan sambil berusaha menyerang dan merebut benteng dengan cara menyentuhkan salah satu anggota badannya ke tiang listrik yang disepakati menjadi benteng yang direbutkan.

Quote:



Manfaatnya: Anak menjadi gesit, kuat, lincah, mampu menyusun strategi, menimbulkan rasa kebersamaan dan kerja kelompok
Quote:


Tak Umpet



Dimulai dengan Hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi "kucing" (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Si kucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 10, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apasaja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi (tempat jaga ini memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah, contohnya di beberapa daerah di Jakarta ada yang menyebutnya INGLO, di daerah lain menyebutnya BON dan ada juga yang menamai tempat itu HONG). Setelah teman-temannya bersembunyi, mulailah si "kucing" beraksi mencari teman-temannya. Ada satu istilah lagi dalam permainan ini, yaitu 'kebakaran', apabila orang yang bersembunyi diberitahu oleh temannya yang sudah tertangkap.


Quote:


Manfaatnya: Melatih kejelian, ketepatan, kelincahan, dan kejujuran
Quote:


Galasin




Galasin atau Gobak Sodor adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur.

Quote:


Manfaatnya: Melatih kesigapan, kegesitan, daya tangkap, tak mudah menyerah
Quote:
Kelereng




Kelereng atau gundu adalah mainan kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca, tanah liat, atau agate. Ukuran kelereng sangat bermacam-macam. Kelereng dapat dimainkan sebagai permainan anak, dan kadang dikoleksi, untuk tujuan nostalgia dan warnanya yang estetik.

Quote:
Manfaatnya: Melatih kecerdikan, ketangguhan, jiwa kolektor, jiwa kompetitor, menghargai benda yang dimiliki


0 Response to "Berbagai permainan Tradisional Indonesia"

Poskan Komentar